Wednesday 15 August 2012

Selamat Ulang Tahun ke-51 Pramuka Indonesia

Pramuka Indonesia diharapkan mampu menyerap dan mengaplikasikan teknologi canggih seperti internet untuk kegiatan-kegiatan positifnya. Hal tersebut diungkapkan oleh Bidang Humas Kwartir Nasional Gerakan Pramuka dalam pelaksanaan Jambore on the Air (JOTA) Nasional ke-71 dan Jambore on the Internet (JOTI) Nasional ke-29 serta dalam pelaksanaan Asia-Pacific Regional Air/Internet ke-8 pada tanggal 3-5 Agustus 2012 lalu (dikutip dari www.pramuka.or.id)
Ke mana Pramuka Indonesia?

Ini adalah sebuah pertanyaan saya pribadi yang memang karena sudah jarang melihat dan menyaksikan kegiatan pramuka. Saya masih ingat sekali dulu jika melihat atau menonton berita di televisi walaupun jarang-jarang pasti ada liputan mengenai kegiatan pramuka baik yang berskala kecil maupun berskala besar.
Saat melihat anak-anak muda sekarang atau anak-anak sekolah jaman sekarang pun, saya jarang sekali menemukan anak muda atau anak sekolah yang mengenakan seragam pramuka. Entah ada perubahan dalam dunia pendidikan atau apa saya kurang mengerti.

Jaman saya sekolah dulu biasanya setiap hari sabtu atau ada hari tertentu dalam satu minggu wajib memakai seragam pramuka. Dan biasanya di sore hari seminggu sekali ada satu hari yang ditentukan untuk melakukan kegiatan dan latihan Pramuka. Entah sekarang saya yang jarang memperhatikan atau memang sudah tidak ada kewajiban di sekolah-sekolah saya kurang paham.

Masih segar dalam ingatan saya sulitnya belajar bendera “Semaphore” dan bunyi “Morse” dengan peluit, ataupun seringkali salah dalam membuat aneka jenis simpul ikatan dengan tali. Kalau diingat-ingat saya kadang suka tersenyum sendiri. Kemana sekarang Pramuka Indonesia ya? Jarang terliput media.
Namun ada satu hari yang akan selalu terus saya ingat walaupun saya ini semasa sekolah dulu adalah termasuk yang “bodoh” dalam kegiatan Pramuka. Ada satu hari yang tak pernah saya lupa yaitu Hari Pramuka yang jatuh setiap tanggal 14 Agustus.

Dan hari ini adalah tanggal 14 Agustus 2012. Hari ini hari Pramuka. Dan ternyata sudah yang ke-51. Wah, kalau begitu saya ucapkan Selamat Hari Ulang Tahun Pramuka Indonesia yang ke-51. Tetap Jaya dan teruslah berkarya Pramuka Indonesia, meskipun kini jarang terlihat dan terliput oleh media.
Selamat ulang tahun ke-51 Pramuka Indonesia. Sukses dan Terus Berkarya.
Disajikan oleh “orangbodoh”" Su He 
Disadur dari muda.kompasiana.com

No comments:

Post a Comment