Friday 3 August 2012

Cara Menghapal Kode Morse Dengan Mudah

Kode Morse atau 'Sandi Morse' adalah sistem representasi huruf, angka, tanda baca dan sinyal dengan menggunakan kode titik dan garis yang disusun mewakili karakter tertentu[1] pada alfabet atau sinyal (pertanda) tertentu yang disepakati penggunaannya di seluruh dunia. 

Kode Morse diciptakan oleh Samuel F.B. Morse dan Alfred Vail pada tahun 1835. Pada masa awal perkembangannya hingga pertengahan abad ke-20, kode morse yang dikirim melalui telegraf adalah media komunikasi yang jangkauannya terluas dan tercepat, dan menjadi sarana utama pengiriman berita di kantor-kantor pos di seluruh dunia hingga saat telepon menjadi populer di masyarakat. Namun hingga saat ini, radio amatir (radio non pemerintah, komersial maupun militer), termasuk ORARI Indonesia masih aktif menggunakan kode morse baik untuk berkomunikasi maupun berpartisipasi dalam kontes[2]. 

Kode morse juga masih dicantumkan dalam pedoman radiotelepon Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO), walaupun hanya digunakan dalam keadaan tertentu saja. Pelayaran sipil juga masih menggunakan kode morse untuk komunikasi jarak jauh. Sinyal yang paling umum disepakati dan digunakan dalam Kode Morse adalah sinyal SOS (... --- ...), yaitu kode yang digunakan sebagai tanda adanya bahaya yang telah disepakati oleh berbagai perjanjian maritim internasional, dan di beberapa negara dan wilayah menggunakan tanda ini di luar situasi gawat darurat dapat berakibat kepada ancaman hukuman. Kapal yang berada dalam bahaya dapat mengirimkan tanda ini sebagai sinyal darurat, baik dalam bentuk sinyal radio, lampu tanda, peluit atau bendera.

Kadang kita kesulitan untuk menghafal kode morse.Berikut akan saya beritahu trik untuk menghapalnya.Cara dengan memberi nama setiap huruf alfabet.Dan setiap huruf tersebut di rencah setiap suku kata.Dan seiap suku kata yang memiliki vokal 0 mewakili kode strip (-) dan suku kata selain vokal o mewakili kode titik (.) contohnya seperti ini: A diberi rumus ANO direncah menjadi A NO . - maka A Morsenya .- B diberi rumus BONA PARTE direncah menjadi BO NA PAR TE - . . . maka B Morsenya -... Berikut Rumus Morse Lengkapnaya A = ANO .- B = BONA PARTE -... C = COBA COBA -.-. D = DOMINAN -.. F = FARTE JONAN ..-. G = GOLONGAN --. H = HIMALAYA .... I = ISLAM .. J = JAGO LORO .--- K = KOMANDO -.- M = MOTOR -- L = LIMONADE .-.. N = NOTES -. O = OMONO --- P = PERTOLONGAN .--. Q = QOMO KARO --.- R = RASOHE .-. S = SAHARA ... T = TONG - U = UNESCO ..- V = VILA NETO ...- W = WINOTO .-- X = XOSENDERO -..- Y = YOSIMONO -.-- Z = ZORO ASTEC --.. Supaya lebih gampang lagi dalam menghafal rumus tersebut dinyanyikan. Semoga bermanfaat.

2 comments:

  1. haloo< bukan maksud apa apa
    hanya ingin memberi tahu, kalo huruf "L" nya menurut saya kurang tepat

    bukan .-.-

    tapi .-..

    heheheee :D

    ReplyDelete
  2. Ok terimaksih atas koreksinya ya al

    ReplyDelete