Wednesday 8 August 2012

Ngabuburit

Ngabburit adalah istilah yang sering kita dengar ketika bulan Ramadhan atau bulan puasa.Ngabuburit sendiri berasal dari bahasa sunda,asal kata dari kata burit yang berarti sore atau waktu menjelang adzan magrib.Sementara ngabuburit bararti kegiatan yang dilakukan untuk menunggu waktu berbuka puasa.Awalnya tradisi ini adalah tradisi masyarakat sunda,namun sekarang sudah menjadi budaya nasional.

Biasanya ngabuburit dilakukan dengan jalan-jalan atau sekedar nongkrong ditempat tertentu yang sering orang kunjungi untuk ngabuburit.Sekarang ini para remaja biasanya ngabuburit dengan cara jalan-jalan dengan menggunakan kendaraan roda dua bersama-sama atau konvoi.

Terkadang ngabuburit mengurangi nilai ibadah puasa,apabila ngabuburit dilakuan hanya dengan jalan-jalan,cuci mata dan melihat hal-hal yang tidak selayaknya dilihat.

Sebaiknya ngabuburit dilakukan dengan tadarus,mendengarkan ceramah atau i'tikap dimesjid,atau kalau kita punya hoby yang fositif bisa melakukan hoby tersebut untuk dijadikan ajang ngabuburit.

Nah NGABUBURITERS semua, mari budayakan Ngabuburit yg baik dan benar.

No comments:

Post a Comment