Monday 28 March 2011

BENDUNGAN WALAHAR





Bendungan Walahar atau biasa di sebut Bendungan Parisdo terletak di Desa Walahar Kecamatan Klari Karawang.Bendungan ini di bangun oleh Belanda pada tahun 1925 pada masa penjajahan,dengan tujuan untuk menahan banjir sungai Citarum di wilayah Utara Karawang dan untuk mengaliri sawah di wilayah Karawang dan wilayah Subang.


Sampai saat ini bangunan bendungan tersebut masih berdiri kokoh.Dan di jadikan lokasi untuk rekreasi keluarga yang murah dan meriah.Apalagi di setiap akhir pekan Bendungan Walahar banyak sekali di kunjungi pengunjung baik yang berasal dari daerah Karawang Atau dari luar daerah.Baik tua atau pin muda.Apalagi di sekitar bendungan banyak di jumpai warung nasi/restoran yang menjajakan makanan khas Walahar yaitu "Pepes Jambal Walahar" yang sudah terkenal ke seluruh nusantara.


Selain banyak di jumpai warung nasi,di Walahar juga banyak di jumpai pedagang kaki lima yang menjajakan aneka macam dagangan.Dari mulai makanan kecil,pakaian,mainan,sampai perabotan rumah tangga dan leasing motor pun banyak dijumpai di Walahar terutama pada akhir pekan.


Walahar pun banyak di jadikan tempat untuk memadi kasih bagi para remaja,Karena tempatnya yang indah dan rendang oleh pepohonan.Bahkan di pingir-pingir sungai banyak di jumpai warung yang menyajikan hiburan musik live plus para gadis yang siap memandu hiburan pengunjung.


Namun selai sisi negative tersebut,Walahar mempunyai potensi yang besar untuk di kembangkan menjadi obyek wisata Nasional.Tergantung Pemerintahan Daerahnya,mampu tidak mengelola sumber daya alam yang yang ada ini.


Walahar juga sering menjadi tempat latihan oleh anggota Kepramukaan,bukan hanya dari Gugus Depan/Ambalan yang berada di wilayah Kwaran Klari saja tetapi juga hampir seluruh wilayah Kwarcab Karawang.


Oleh sebab itu redaksi menyarankan kepada pembaca yang belum pernah ke Walahar,ayo ke Walahar.Karena di jamin pasti akan takjub dengan keadaan di sekitar Bendungan Walahar.

No comments:

Post a Comment